Explore Category

Hukum & Kriminal


Proyek Lahan Parkir Rumah Dinas Bupati Diduga Bermasalah

Sabtu, 14 September 2019 | 21:46:45
| Dibaca: 920 kali
Penulis: Nazarman Editor: Sarkopos.com

Kondisi Turap Penahan timbunan lahan parkir rumah dinas Bupati Merangin
Kondisi Turap Penahan timbunan lahan parkir rumah dinas Bupati Merangin /

Sarkopos.com

MERANGIN-Proyek pembangunan lahan parkir di Rumah Dinas Bupati Merangin tahun 2019 yang dikerjakan oleh CV. David Inti  Plus diduga bermasalah, pasalnya turap penahan tanah timbunan setinggi lebih kurang 7 meter terlihat sudah retak.

Tidak hanya itu, informasi yang didapat proyek lebih kurang senilai Rp. 796 Juta itu juga tidak melibatkan tenaga ahli. Sehingga saat melakukan pemasangan tanah timbunan membuat turap penahan tanah  jebol bagian bawah.

Dugaan ini diperkuat dengan dibangunnya penahan turap baru dari arah luar, padahal item pekerjaan penahan turap tidak tertuang dalam gambar kontrak yang dibuat oleh konsultan perencana.

“Penahan turap itu tidak ada di gambar awal, karena posisi turap itu jebol di bagian bawah, maka kontraktor, pengawas dan consultan berembuk dilapangan, sehingga dibangunlah penahan,” Kata sumber media ini.

Sementara itu, Direktur CV. David Inti Plus, Sanah, saat dihubungi juga mengakui ada masalah dilapangan saat dilakukan penimbunan. Menurutnya dibangunya penahan untuk menghindari jebolnya turap.

“Sudah dikonsultasikan sama pengawas dan konsultan (pengawas), jadi saran mereka seperti itu dibangun penahan dari luar,” jelasnya.

Terkait dengan adanya keretakan pada dinding turap, Sanah mengaku belum mengetahuinya. Ia mengaku bahwa proyek tersebut menggunakan perusahaannya, tapi bukan dia yang bekerja di lapangan.

“Sudah ayuk tanya samo orang lapangan, katanya tidak ada masalah. Ayuk juga berterima kasih sudah ngasih info seperti ini,” jelasnya.

Sementara itu, Prasetiyo yang menjabat sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) juga mengaku belum tahu terkait dengan adanya turap yang sudah retak.

“Nanti kami cek kelapangan, kalau kini aku masih di Jawa bawa anak berobat,” jelasnya.(*)

Penulis: Nazarman