Jarang Sapa Masyarakat, Tak Sedikit Caleg In-cumbent Justru Tak Dikenali Warga

Sabtu, 13 April 2019 | 21:46:05
| Dibaca: 106 kali
Penulis: Syaprian joni Editor: ...

Ilustrasi net
Ilustrasi net /

Jhoni

JAMBI- Beberapa hari kedepan, pesta demokrasi siap digelar, tak terkecuali di Bumi jambi. 

Namun yang menarik, teryata tak sedikit dari masyarakat justru tidak mengenali Calon Legislatif (Caleg), yang akan mereka pilih, tak terkecuali Caleg In-cumbent sekalipun.

“ Masih bingung mas, mau pilih siapa, untuk pilihan Caleg daerah sudah ada rencana memang, namun untuk Caleg provinsi, hingga DPR RI masih bingung mas. Bingung karena enggak kenal siapa Caleg-nya. Yang mana Caleg In-cumbent dan yang mana caleg baru ambil bagian, saya tak bisa bedahkan,” Ungkap Rodiman (45), yang mengaku sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Merangin, saat dibincangi media ini baru baru ini. 

Terkait persoalan tersebut, Pengamat Politik Fisipol Universitas Jambi (Unja), M Farisi mengatakan, jika fenomena tersebut, merupakan hal yang wajar.

Dimana lanjut M Farisi, jangankan warga dirinya saja yang disebut pengamat politik, terkadang tidak mengenali para Caleg In-cumbent yang akan bertarung disenayan.

“ Kurangnya kembali menyapa masyarakat, saat para senator duduk, membuat tak sedikit masyarakat yang tidak mengenali para Caleg In-cumbent. 

“ Misal, baru sadar saya jika itu Caleg In-cumbent, justru saat mereka memberikan sambutan dalam sebuah acara. Dan fenomena itu, iya lantaran itu tadi, kurangnya para senator menyapa masyarakat saat mereka duduk,” Ucap M Farisi.

Padahal sejatinya lanjut M Farisi, salah satu tugas dan fungsi para para senator, tak lain menyerap aspirasi warga saat mereka duduk.

” Dan yang terjadi, tak sedikit dari senator justru tidak melakukan itu, saat sudah duduk. Bahkan program reses pun tak dijalankan. Nah caleg In-cumbent seperti ini, seyogyanya tak usah kembali dipilih,” Jelasnya.

Dilain kesempatan Nando Firdaus Caleg DPR RI dari Partai Perindo ini juga sependapat dengan apa yang dilontarkan pengamat politik Jambi M Fairisi, terkait minimnya masyarakat mengenali para wakilnya di senayan.

 “ Nah saat pencalonan seperti sekarang ini, barulah mereka beramai ramai kembali menyapa masyarakat. Dan mudah mudahan jika saya dipercaya duduk sebagai anggota DPR RI, persoalan menyapa masyarakat ditingkat akar rumput, menjadi kewajiban yang akan saya jalani, demi menyerap aspirasi warga,” Tutupnya. (*)

Penulis: Syaprian joni
Editor: ...