Pergantian Direktur PDAM, Tirta Merangin Terganjal Perda Perubahan Dari PDAM Menjadi Perumda

Rabu, 06 Maret 2019 | 14:30:35
| Dibaca: 583 kali
Penulis: Rhomadan Editor: Nazarman

M Zuhdi Direktur PDAM Tirta Merangin
M Zuhdi Direktur PDAM Tirta Merangin /

Rhomadan

MERANGIN- Masa jabatan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merangin M. Zuhdi yang sejatinya telah berakhir pada Kamis (10/1/2019) lalu, namun pergantian orang nomor satu di perusahaan air minum milik daerah tersebut masih terganjal oleh evaluasi Peraturan Daerah (Perda) yang baru saja disahkan oleh DPRD Kabupaten Merangin tersebut oleh pihak Provinsi,

Hal ini di ungkapkan Bupati Merangin Al Haris kepada sejumlah awak media seusai pelantikan pengurus baru Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Merangin, Rabu (6/3/2019).          

Ia mengatakan pihaknya masih menunggu hasil evaluasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) atas usulan Perda (Peraturan Daerah) perubahan PDAM menjadi PERUMDA (Perusahaan Umum Daerah).

“Kita berdasarkan Perda PDAM dan edaran Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri), untuk merubah namanya menjadi PERUMDA  (Perusahaan Air Minum Daerah),” ungkapnya,

Artinya proses saat ini lanjut Al Haris, terkendala Perda PERUMDA yang masih menjadi pembahasan di Pemprov Jambi.

“Perda dibahas di Provinsi Jambi, apakah itu nanti tidak akan bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi,” lanjutnya.

Begitu tidak ada pembatalan dari provinsi, yang dikuatkan surat resmi Mendagri maka barulah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bisa melaksanakan proses penggantian Direktur PDAM Tirta Merangin.

“Nah, sementara karena itu (Direktur PDAM) habis masa jabatannya, dan itu boleh diperpanjang hingga masa seleksi dilakukan nanti,” kata Al Haris.

“Karena seleksi kedepan ikut Perda yang baru nantinya, karena perda baru belum selesai di lembar daerah maka belum bisa dilaksanakan seleksi saat ini,” jelas Al Haris.(*)

Penulis: Rhomadan
Editor: Nazarman