Explore Category

Hukum & Kriminal


Dugaan Penyimpangan Dana Desa Sungai Tabir Berlanjut

Senin, 25 Februari 2019 | 21:41:42
| Dibaca: 791 kali
Penulis: Jon Editor: Nazarman

M. Juri
M. Juri / ist

Jon,

MERANGIN–Dugaan penyimpangan Dana Desa (DD), di Desa Sungai Tabir, Kecamatan Tabir Barat, masih terus didalami oleh pihak Polres Merangin.

Kapolres Merangin, AKBP I Kade Wijaya, melalui Kasat Reskrim IPTU Khairunnas, mengatakan kasus ini masih dalam proses penyelidikan.

“Ya laporannya sudah kita terima, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan,” Kata IPTU Khairunnas.

Untuk diketahui, kasus dugaan penyimpangan Dana Desa, Sungai Tabir, Kecamatan Tabir Barat, mencuat setelah Satgas Kemendes dan Desa Tertinggal melapor ke Polres Merangin pada Maret 2018 lalu.

Dalam laporannya, Satgas Kemendes menduga ada 18 item pekerjaan di Desa Sungai Tabir yang serat dengan penyimpangan.

Namun tidak beberapa lama kemudian, laporan tersebut diserahkan ke Inspektorat Merangin untuk dilakukan audit fisik. Hasil audit dari Inspektorat ada dua item pekerjaan yang diduga bermasalah. Pertama pembangunan kantor desa tahun 2016 dengan anggaran Rp.128 Juta dan pembangunan gedung PAUD tahun 2016 dengan anggaran Rp.134 Juta.

Dua item ini diduga kuat bermasalah karena pihak Desa Sungai Tabir tidak memiliki Rincian Anggaran Belanja (RAB) dalam proses pembangunannya.

“Kita (Polres Merangin) sudah menerima laporan dari Inspektorat, tunggu saja kita masih melakukan penyelidikan,” kata IPTU Khairunnas.

Insepektur Inspektorat Merangin, Hatam Tafsir, saat dibincangi membenarkan sudah melimpahkan hasil audit yang mereka lakukan ke Polres Merangin. Ia mengatakan dua item tersebut tidak bisa di audit karena tidak memiliki RAB.

“Ada dua item yang tidak bisa kami audit, yaitu pembangunan kantor desa dan pembangunn gedung PAUD tahun 2016 dikarenakan tidak adanya RAB,” terangnya.

Sementara Kades Sungai Tabir, M. Juri, saat dihubungi melalui sambungan handphone mengaku belum bisa berkomentar banyak.

“Maaf aku lagi ditempat acara, nanti lain waktu aku jelaskan,” pungkasnya.(*)

Penulis: Jon
Editor: Nazarman