Merangin Kirim 16 Delegasi Ikuti HPN di Surabaya

Selasa, 12 Februari 2019 | 16:54:27
| Dibaca: 284 kali
Penulis: Sarkopos.com Editor: Nazarman

/

BANGKO-Sebanyak 16 orang delegasi dari Kabupaten Merangin, rampung mengikuti serangkaian jalannya peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya, Jawa Timur.

16 orang delegasi Merangin itu, sembilan orang wartawan dan tujuh orang dari Humas dan Protokol Setda Merangin. Delegasi Merangin tersebut tiba di Surabaya pada Kamis malam (7/2), diterima ketua pelaksana HPN 2019 Margiono.

Dikatakan Mantan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu, HPN dihadiri seluruh elemen. ‘’Hanya ada satu yang tidak kami undang dalam HPN 2019, yaitu calon presiden. Kami mengundang Jokowi sebagai Presiden RI,’’kata Margiono.

Berbagai kegiatan digelar, mulai dari ‘Surabaya 5K Fun Run’ di lapangan Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya JawaTimur, Pameran Pers di Grand City Mall Surabaya.

Pada Pameran Pers itu, delegasi Merangin melihat langsung perkembangan pers di era digital. Pameran ini memberikan nuansa baru segenap insan pers Indonesia, karena mengedepankan digital modern concept sebagai generasi baru media kekinian.

Selain itu juga ada kegiatan ‘Santun Bermedia untuk Pemilu Damai’ digelar di Surabaya Conventional Hall, Pameran Buku karya para wartawan yang bergabung dalam PWI dan konser Gebyar Pesona HPN 2019 di Lapangan Kodam V Brawijaya.

Untuk menambah wawasan lainya, delegasi Merangin mengikuti jalannya seminar di Universitas Dr Soetomo Surabaya, seminar tentang Jurnisme Kemaritiman yang menghadirkan Menko Polkam Luhut Binsar Panjaitan.

‘’Banyak wawasan yang kita dapat dari serangkaian acara HPN 2019 tersebut. Ini sangat positif untuk kemajuan Pers Merangin,’’ujar Ketua Forum wartawan Merangin (Forwam) Nazarman dibenarkan Ketua Delegasi Damsir Karim.

Untuk 2020 lanjut General Manager Sarko Post tersebut, akan digelar di Sumatera Utara, tentunya wartawan yang hadir akan digilir guna memberikan wawasan kepada para wartawan lainnya.

Sementara itu, hal yang sama juga katakan Kabag Humas dan Protokol Setda Merangin Hendri Putra. ‘’Wartawan dan Humas itu satu kesatuan, dimana Humas juga perlu wawasan yang sama dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya,’’ujar Hendri.

Sebanyak tujuh orang Humas dan Protokol dalam delegasi itu jelas Hendri, bertugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Kabag dan satu orang staf menghandle kegiatan keprotokolan, mengatur kehadiran pejabat Merangin.

Kasubag Pemberitaan bersama satu orang fotografer bertugas mempublikasikan pemberitaan. Urusan Kehumasan dua orang bertugas merangkum data-data serta berbagai buku terbitan HPN 2019 sebagai dokumen Humas, satu orang lagi peng-SPJ-an keberangkatan delegasi Merangin.

‘’ASN itu punya anggaran perjalanan dinas keluar kota, jadi bila mendapat tugas kemana saja bisa, tidak mengganggu dana wartawan. Keberangkatan mereka berdasarkan undangan dan Surat Perintah Tugas Sekda atas izin Pak Bupati,’’terang Kabag.

Hal yang sama lanjut Hendri, juga dilakukan Bagian Humas dari kabupaten/kota lainnya di Indonesia yang hadir pada HPN 2019. Bahkan rombongan mereka yang hadir jumlahnya sangat besar, seperti dari Riau sebanyak 110 orang.

Bagian Humas dan Protokol sambung Hendri, berperan besar dalam menyukseskan HPN. Kepanitiaan HPN 2019 di Surabaya merupakan unsur Humas, begitu juga HPN 2018 di Sumatera Barat, juga unsur Humas yang berperan.(*)


Editor: Nazarman
Sumber: Bagian Humas setda Merangin