Al Haris: Nyogok Mau Lulus CPNS itu Percuma

Minggu, 04 November 2018 | 22:59:46
| Dibaca: 277 kali
Penulis: Rhomadan Editor: Abdul Jabar

Al Haris
Al Haris / ist

Rhomadan,

MERANGIN-Bupati Merangin, Al Haris, menegaskan bahwa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT). Lulus atau tidaknya peserta tes bisa mengetahui hasilnya setelah 10 menit mengerjakan soal.

“Untuk itu ada orang yang nyogok Lulus CPNS itu percuma, karena sistem yang digukan ada sistem CAT,” kata Al Haris, saat menggelar jumpa pers dengan awak media, Minggu malam (4/11/2018).

Sistem CAT tidak bisa dipermainkan, sebab soal tes baru dibuka oleh peserta tes dengan menggunakan password yang berbeda beda, saat waktu tes di mulai.

Waktu yang diberikan kepada peserta tes untuk mengisi soal soal hanya 90 menit atau 1,5 jam.

“Begitu waktu habis 90 menit, 10 menit kemudian langsung bisa diketahui lulus atau tidaknya, karena hasilnya langsung nampak. Kalau menunggu satu minggu kemudian baru diumumkan hasilnya, besar kemungkinan masih bisa orang bermain, ini tidak begitu selesai sudah bisa tahu lulus atau tidaknya,” kata Al  Haris yang juga didampingi kepala BKPSDM, Nasution.

Al Haris juga menegaskan, apa bila ada pejabat yang terlibat menjadi calo PNS maka akan ditindak dengan tegas, tidak hanya sanksi jabatan melainkan juga sanksi hukum.

Hal itu, katanya juga sudah dia sampaikan pada saat upacara gabungan pada hari senin pekan lalu.

“Kalau ada nanti yang menjadi calo, selain sanksi hukum kita juga akan tidak. Karena dulu ada yang seperti itu, langsung kita copot jabatannya,” tegasnya.

Untuk pelaksanaan tes CPNS di Kabupaten Merangin akan dilaksanakan selama 5 hari, dimulai tanggal 5 November-9 November 2018.

“Kita ada juga pengawas dari orang BKN sebanyak lima orang yang akan mengawasi pelaksanaannya di Merangin,” terang Al Haris.(*)

Penulis: Rhomadan
Editor: Abdul Jabar