Diumumkan Ulang, Seleksi Berkas CPNS di Merangin Diduga Ada Permainan

Jumat, 26 Oktober 2018 | 19:42:19
| Dibaca: 1268 kali
Penulis: Rhomadan Editor: Abdul Jabar

ilustrasi
ilustrasi / ist

Rhomadan,

MERANGIN-Meski sudah diumumkan pada senin (22/10/2018) lalu, namun pemerintah Kabupaten Merangin kembali merilis nama nama peserta yang lulus seleksi berkas, jumat (26/10/2018).

Dari 4372 orang peserta yang lulus berkas tahap awal, ada penambahan sebanyak 137 orang  pada pengumuman tahap dua. Artinya jumlah pelamar yang lulus seleksi berkas di Kabupaten Merangin sebanyak 4509.

Adanya perubahan ini mengundang pertanyaan sejumlah kalangan di Kabupaten Merangin. Pasalnya mencuat dugaan bahwa seleksi berkas di Merangin kental dengan aroma permainan, atau orang orang titipan.

Seperti diungkapkan oleh koordinator Forum Bersama Peduli Merangin (FBPM),  Masroni, pada sarkopos.com. Ia mengatakan adanya perubahan pengumuman tersebut ada dua kemungkinan.

Pertama, panita seleksi atau tim verifikator berkas yang ditunjuk oleh Bupati Merangin tidak mampu berkerja secara profesional. Sehingga banyak peserta yang memenuhi syarat untuk lulus tapi dinyatakan tidak lulus.

“Kedua, jangan jangan ada permainan, semisal orang orang titipan yang tidak lulus. Sehingga tim verifikator diminta memasukkan nama nama orang tersebut, dengan alasan ada kesalahan pada saat pengumuman awal,” Terang Masroni, Jumat (26/10/2018).

Ulah tim verifikator yang tidak profesional seperti itu, maka saat ini muncul dugaan publik bahwa penerimaan CPNS di Kabupaten Merangin penuh dengan rekayasa.

BACA: Bakal Ada Tambahan, Nasution Aku Ada Kesalahan Saat Verifikasi Berkas CPNS

Terkait dengan orang titipan, Masroni dengan tegas mengatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan. Pasalnya dirinya mengklaim sudah memiliki data ada catatan kecil yang beredar jelang pengumuman berkas beberapa hari lalu. 

“Besar kemungkinan informasi orang titipan itu bukan isu belaka, saya punya kok buktinya, ada catatan kecil yang beredar  yang di dalamnya termuat nama nama orang orang yang kita duga untuk titipan CPNS,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua tim verifikator CPNS Kabupaten Merangin tahun 2018, Zairi, membantah adanya tudingan orang orang titipan. Ia mengatakan informasi tersebut tidak benar.

 “Tidak ada itu (orang orang titipan), justru ini kami lakukan verifikasi ulang ini, agar para peserta yang lolos bahan tidak dirugikan haknya untuk ikut serta dalam pelaksanaan CPNS Merangin 2018. Jadi isu tersebut sama sekali tidak benar,”  tandasnya. (*)

Penulis: Rhomadan
Editor: Abdul Jabar