Penilaian SCAI di Bali, Kopi Fine Robusta Djangkat Sungai Tenang Terbaik Di Indonesia

Minggu, 21 Oktober 2018 | 16:57:02
| Dibaca: 598 kali
Penulis: Rhomadan Editor: Abdul Jabar

Acara penilaian cita rasa kopi di seluruh Indonesia yang digelar oleh SCAI di Sanur Hotel Bali
Acara penilaian cita rasa kopi di seluruh Indonesia yang digelar oleh SCAI di Sanur Hotel Bali / ist

Rhomadan,

MERANGIN-Kabupaten Merangin patut berbangga , pasalnya salah satu produk unggulan Bumi Tali Undang Tambang Teliti yaitu  Single Origin Fine Robusta Djangkat Sungai Tenang, memeliki kualitas dan cita rasa terbaik di Indonesia.

Hal ini terungkap setelah Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) menggelar acara kompetisi dengan mengambil 108 sampel kopi robusta dan arabika seluruh Indonesia, di Grand Inna Bali Beach Sanur Hotel, Bali pada 19 Oktober – 21 Oktober 2018.

Dari 108 sebanyak 95 adalah jenis kopi arabika, dan 13 adalah jenis kopi robusta. Sampel dari Kabupaten Merangin sendiri adalah jenis kopi Single Origin Fine Robusta Djangkat Sungai Tenang.

Dalam tahap seleksi awal, Kopi Single Origin Fine Robusta Djangkat Sungai Tenang lolos ketahap berikutnya, bersama dengan kopi robusta asal Kaba Washed-Rejang Lebong (Bengkulu), Kaba Natural-Rejang Lebong (Bengkulu), Manggarai Timur (Nusa Tenggara Timur),  Blue Java Peaberry Barron Temanggung (Jawa Tengah)  dan Robusta Gunung Dempo, (Sumsel).

“Dari 13 jenis kopi robusta yang dikutkan pada penilaian oleh SCAI, tujuh jenis kopi tidak lolos ketahap seleksi kedua. Kopi asal Merangin yaitu Single Origin Robusta Djangkat Sungai Tenang lolos tahap berikutnya bersama dengan lima jenis kopi lainnnya,” kata Hardi Yuda, pendamping petani kopi Robusta Jangkat Sungai Tenang, Minggu (21/20/2018).

Namun dalam tahap penilaian akhir yang meliputi penilain fisik dan cita rasa kopi Single Origin Fine Robusta Djangkat Sungai Tenang keluar sebagai yang terbaik dengan perolehan nilai cita rasa 83,46.

Disusul Manggarai Timur dengan nilai 82,54,  Kaba Washed-Rejang Lebong 81,93,  Blue Java Peaberry Barron  81,64, Kaba Natural-Rejang Lebong 77,14, dan Robusta Gunung Dempo 76,89. 

“Ini menunjukkan bahwa kualitas kopi robusta di Kabupaten Merangin adalah yang terbaik di Indonesia. Hasil penilaian dari SCAI akan jadi patokan bagi bagi pengusaha pengusaha kopi baik di Indonesia maupun dari luar nantinya,” kata Hardi Yuda.

Kedepannya, kata Hardi Yuda, tinggal lagi keseriusan pemerintah Kabupaten Merangin untuk membantu pasilitas bagi para petani. Baik itu infrastruktur maupun peralatan serta pembinaan bagi petani kopi di Kabupaten Merangin.

Bahkan pada acara lelang yang digelar oleh SCAI di Grand Inna Bali Beach Sanur Hotel, Minggu (21/10/2018), kopi Single Origin fine Robusta Djangkat Sungai Tenang dibeli dengan harga Rp. 300 ribu per Kg.

“Tadi pagi saja saat lelang, Fine Robusta kita Merangin di beli dengan harga Rp. 300 Ribu per Kg, ini sangat luar biasa. Yang jelas untuk saat ini nama kopi Djangkat Sungai Tenang sudah dikenal di Indonesia. Tinggal lagi keseriusan pemerintah daerah untuk menggembangkannya kedepan,” pungkas Hardi Yuda.(*)

Penulis: Rhomadan
Editor: Abdul Jabar