Soal Gugatan Perdata Jalur Dua Kodim, Pemda Merangin Menang

Kamis, 27 September 2018 | 22:56:21
| Dibaca: 883 kali
Penulis: Nazarman Editor: Sarkopos.com

Jalan jalur dua depan Kantor Kodim 0240 Sarko yang di gugat oleh warga
Jalan jalur dua depan Kantor Kodim 0240 Sarko yang di gugat oleh warga / doc

MERANGIN-Pemerintah Kabupaten Merangin memenangkan gugatan perdata yang diajukan oleh Nuriah (75) warga Kelurahan Pasar Atas, Kecamatan Bangko ke Pengadilan Negeri (PN) Bangko.

Gugatan perdata yang dimenangkan Pemkab Merangin ini terkait kepemilikan ruas jalan dua jalur di depan kantor Kodim 0420 Gapu Sarko.

Seperti diketahui kasus ini bermula pada tahun 2016 lalu, saat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Merangin hendak meningkankan kondisi jalan yang tembus ke Simpang Tengkorak, Lingkungan Talang Kawo.

Pada saat itu, kontraktor pemenang tender hendak mulai kerja. Namun salah seorang warga yang mengaku ahli waris kepemilikan jalan tersebut melarang pihak kontraktor kerja. Hingga akhirnya warga tersebut melakukan pemblokiran sehingga kendaraan tidak bisa lewat.

BACA: Sangketa Jalan di Jalur Dua Kodim Berlanjut, Ahli Waris Kembali Blokir Jalan

Kemudian persoalan ini berlanjut hingga ke pangadilan dengan penggugat atas nama Nuriah (75) dan tergugat Pemkab Merangin,

Namun Pengadilan Negeri Bangko menolak semua gugatan penggugat, seperti tertuang dalam putusan  Nomor 14/pdt.G/2017/PN.Bangko, tertanggal 16 Agustus 2018.

Demikian disampaikan oleh  kuasa hukum Pemda Merangin Alek Alnemeri, saat dibincangi sarkopos.com.

“ Inti dari gugatan perdata yang diajukan penggugat, yakni meminta ganti rugi atas tanah yang sudah dibangun jalan menjadi jalur dua tersebut kepada pemerintah kabupaten Merangin, namun Pengadilan Negeri Bangko menolak seluruh gugatan dari pengugat,” jelasnya.

“Sayo sudah pernah melakukan mediasi dengan penggugat, tapi tidak ditanggapi sehingga masalah ini berlajut ke ranah hukum,” tambah Alex. (*)

Penulis: Nazarman