Bukan Rokhidin, ini Alasan Edi Suratno yang Diusulkan Jadi Pengganti Fauzi Yusuf di DPRD Merangin

Selasa, 04 September 2018 | 17:49:19
| Dibaca: 1291 kali
Penulis: Sobirin Editor: Abdul Jabar

Fauzi Yusuf dan Edi Suratno
Fauzi Yusuf dan Edi Suratno / ist

Sobirin,

MERANGIN–Wakil Ketua II DPRD Merangin, Fauzi Yusuf secara resmi sudah mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Merangin periode 2014-2019 dari partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Fauzi Yusuf saat ini bergabung dengan partai Demokrat dan akan kembali maju di Pemilihan Legeslatif 2019 dari daerah pemilihan (Dapil) II atau wilayah Tabir.

Namun pengantinya di DPRD Merangin bukan Rokhidin, yang pada saat pemilihan legeslatif 2014 lalu mendapat suara terbanyak kedua.

Posisi Fauzi Yusuf sebagai anggota DPRD Merangin akan digantikan oleh Edi Suratno, yang pada Pileg 2014 mendapat suara terbanyak ketiga.

Hal ini dibenarkan oleh anggota Komisioner KPU Kabupaten Merangin, Janiko. Dia mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan Rokhidin tidak bisa menggantikan Fauzi Yusuf.

Salah satu penyebabnya adalah Rokhidin tidak pernah berhasil di temui komisioner KPU Merangin saat akan melakukan verifikasi kelapangan.

“Waktu yang diberikan kepada kami lima hari kerja untuk melakukan verifikasi faktual terhadap Rokhidin sejak 14 Agustus 2018 lalu, namun tidak berhasil ditemui di kediamannya diundang secara patut tiga kali berturut-turut (Rokhidin) juga tidak hadir,". Kata Janiko pada sarkopos.com, Selasa (04/09/2018).

Mengingat waktu untuk melakukan verifikasi sudah habis, KPU Merangin mengajukan perpanjangan waktu selama lima hari lagi kepada DPRD Merangin. Namun dalam masa perpanjangan waktu tersebut Rhokidin juga tidak berhasil ditemui.

"KPU juga menerima surat kemunduran diri Rokhidin dari keanggotaan Partai Nasdem, sehingga nama Edi Suratno kita limpahkan ke DPRD Merangin". Pungkasnya.

Terkait proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Fauzi Yusuf, Janiko mengatakan bahwa pada tanggal 29 Agustus 2019 KPU Kabupaten Merangin sudah melimpahkan berkas calon pengganti kepada DPRD Merangin.

“Prosesnya tinggal di DPRD Merangin saat ini, sebab berkas penggantinya (Edi Suratno) juga sudah kita limpahkan ke DPRD Merangin baru baru ini,” jelasnya.(*)

Penulis: Sobirin
Editor: Abdul Jabar