35 Orang Bacaleg PDIP di Daftarkan ke KPU, Zaidan: Target Kita Tidak Muluk Muluk

Rabu, 18 Juli 2018 | 11:23:56
| Dibaca: 852 kali
Penulis: Abdul Jabar Editor: *

Ketua DPC PDIP Kabupaten Merangin, Zaidan Ismail saat menyerahkan berkas pencalonan ke KPU Kabupaten Merangin
Ketua DPC PDIP Kabupaten Merangin, Zaidan Ismail saat menyerahkan berkas pencalonan ke KPU Kabupaten Merangin / jbr

MERANGIN-Setelah melewati seleksi ketat di internal partai, sebanyak 35 orang bakal calon anggota Legeslatif (Bacaleg) dari  Partai Demokarasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di daftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin, sekira pukul 22.30 WIB, Selasa (17/7/2018).

Berkas Bacaleg PDIP diserahkan langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan, Zaidan Ismail, kepada komisoner KPU yang disaksikan komisioner Panwaslu Kabupaten Merangin.

“Setelah kita memeriksa syarat pencalonan untuk partai PDIP kita nyatakan lengkap, tinggal lagi kita akan memeriksa berkas calon, bila ada berkas calon yang masih kurang atau perlu di perbaiki maka dalam beberapa hari kedepan akan kita informasikan ke partai bersangkutan,” Kata anggota Komisioner KPU Merangin, Zurmi.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan, Zaidan Ismail, saat dibincangi awak media seusai pendaftaran mengatakan bahwa target PDI Perjuangan dalam Pileg tahun 2019 mendatang tidak muluk muluk.

“Target kita tidak muluk muluk, kita menargetkan minimal (PDI Perjuangan) mendapat tujuh kursi di DPRD Merangin,” kata Zaidan, yang juga ketua DPRD Kabupaten Merangin.

Target tersebut kata Zaidan sangat realistis, mengingat adanya sistem  Sainte Lague murni yang diterapkan dalam Pemilu tahun 2019. Selain itu PDI Perjuangan juga menempatkan kader kader potensial untuk disetiap dapil.

“Sistem Sainte Legue ini akan berdampak untuk perolehan kursi kita, dan juga kader kader potensial kita semuanya ikut ambil bagian dalam Pileg yaitu sebagai Caleg,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Merangin, Agus Punomo, dari 35 orang bacaleg yang didaftarkan sebanyak 14 orang adalah perwakilan perempuan. Sehingga keterwakilan perempuan di PDI Perjuangan lebih dari 30 persen.

“Kita (PDI Perjuangan) melehi target suara keterwakilan perempuan, karena 21 orang adalah laki-laki dan 14 orang adalah perempuan, artinya mencapai angka 40 persen,” kata Agus Punomo.

“Untuk dapil 1 teridiri dari 6 laki laki dan 5 perempuan, dapil 2 sebanyak 7 laki laki dan 4 orang perempuan, dapil 3 terdiri dari 5 laki laki dan 3 perempuan dan dapil 4 sebanyak 3 laki laki dan 2 orang perempuan,” tandasnya.(*)

Penulis: Abdul Jabar
Editor: *