10 Fakta Menarik Duel Dramatis Inggris Vs Kroasia

Kamis, 12 Juli 2018 | 12:47:16
| Dibaca: 714 kali
Penulis: Sarkopos.com Editor: Nazarman

Tim Kroasia lolos ke final Piala Dunia 2018 bertemu Prancis setelah mengalahkan Inggris 2-1
Tim Kroasia lolos ke final Piala Dunia 2018 bertemu Prancis setelah mengalahkan Inggris 2-1 /

SARKOPOS.COM– Kroasia untuk pertama kalinya sukses melaju ke final Piala Dunia. Hal itu dipastikan usai mengalahkan Inggris pada semifinal Piala Dunia 2018.

Bermain di Luzhniki Stadium, Kamis dini hari WIB, 12 Juli 2018, Kroasia harus tertinggal lebih dulu melalui gol cepat Kieran Trippier. Dia mencetak gol pada menit kelima melalui situasi tendangan bebas.

Kroasia akhirnya bisa bernapas lega setelah mampu menyamakan kedudukan lewat gol Ivan Perisic. Tandukannya pada menit 68 tak mampu dijangkau oleh Jordan Pickford.

Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya datang pada menit 108. Mario Mandzukic lepas dari pengawalan dan melesakkan tendangan tajam ke arah Pickford.

Sejarah pun tercipta. Kroasia bangkit dan dipastikan lolos ke final. Mereka sudah ditunggu oleh Prancis.

Sebelum membahas laga selanjutnya, ternyata banyak muncul fakta menarik dari duel ini. Berikut fakta menarik yang telah dihimpun dari berbagai sumber:

1. Kekalahan ini membuat Inggris menelan empat kekalahan dari lima semifinal yang telah dilaluinya di turnamen internasional. The Three Lions hanya menang di kesempatan pertama pada Piala Dunia 1966 yang diakhiri dengan juara dan kalah di empat kesempatan selanjutnya (dua di Piala Dunia dan dua di Piala Eropa).

2. Ini jadi kali pertama bagi Kroasia mencapai partai final Piala Dunia setelah tampil di lima edisi. Prestasi terbaik negara Balkan itu hanya mencapai semifinal pada Piala Dunia 1998.

3. Inggris sejauh ini sudah kalah tiga kali dari Kroasia. Jumlah itu jadi yang terbanyak dibandingkan dengan kekalahan dari negara lain.

4. Gol yang dicetak Mandzukic adalah gol paling telat yang masuk ke gawang Inggris di Piala Dunia (menit 108 detik 3).

5. Inggris menjadi tim kedua yang gagal melaju ke final setelah unggul di babak pertama di laga semifinal. Sebelumnya, hal yang sama pernah dirasakan Italia saat bersua Argentina di Piala Dunia 1990 yang kalah lewat adu penalti.

6. Sembilan dari 11 gol Inggris di Piala Dunia 2018 berasal dari situasi bola mati. Jumlah itu menjadi yang terbanyak di Piala Dunia sejak 1966. Sebelumnya, Portugal memegang rekor tersebut dengan melesakkan delapan gol dari bola mati pada Piala Dunia 1966.

7. Kieran Trippier adalah pemain Inggris kedua yang mampu mencetak gol dari situasi tendangan bebas langsung sejak 1966. Sebelumnya, hanya David Beckham yang pernah melakukannya pada 1998 dan 2006.

8. Gol yang dicetak Trippier pada menit 4 detik 44 menjadi gol tercepat yang tercipta di semifinal sejak 1958.

9. Ivan Perisic sejauh ini telah mencetak empat gol di Piala Dunia bersama Kroasia. Jumlah itu hanya kalah dari Davor Suker yang mencatatkan enam gol.

10. Kroasia jadi tim pertama yang selalu memainkan babak perpanjangan waktu di tiga laga beruntun di Piala Dunia.(*)


Editor: Nazarman
Sumber: Viva.co.id