Rapat Pleno KPU, Tim Nalim-Khafid Ajukan Tiga Keberatan, Agus Purnomo:Kita Akan Laporkan Ke DKPP

Rabu, 04 Juli 2018 | 22:14:17
| Dibaca: 2052 kali
Penulis: Syaprian Joni Editor: Nazarman

Rapat pleno  KPU Kabupaten Merangin di ruang Pola I kantor bupati,
Rapat pleno KPU Kabupaten Merangin di ruang Pola I kantor bupati, /

Jhon

MERANGIN-Proses rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten pada rapat pleno yang digelar KPU Kabupaten Merangin di ruang Pola I kantor bupati, Rabu (04/07/2018).

Berdasarkan hasil pleno tersebut pasangan calon nomor urut 2 Al Haris-Mashuri (Hamas) keluar sebagai pemenang Pilkada Merangin 2018. Hal ini berdasarkan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara dari setiap kecamatan di tingkat kabupaten dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Merangin tahun 2018.

Dari tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Merangin, pasangan nomor urut 2 ini mampu memperoleh kemenangan di 16 kecamatan dari 24 kecamatan. Selanjutnya delapan kecamatan lainnya diungguli oleh pasangan calon nomor urut 3 Nalim-Khafidh.

Sementara untuk perolehan suara, paslon nomor urut 2 Al Haris-Mashuri (Hamas) memperoleh suara sebanyak 84.166 suara atau 44,81%. Perolehan selanjutnya diraih oleh paslon nomor urut 3 Nalim-Khafidh sebanyak 66.344 suara atau 35,32% diposisi terakhir paslon nomor urut 1 Ahmad Fauzi Ansori-Sujarmin mendapatkan 37.329 suara atau 19,87%.

Pemilih yang menggunakan hak pilih laki-laki 94.383 atau 49,09% dan pemilih perempuan 97,892 atau 50, 91%, total pemilih yang menggunakan hak pilih 192,275 suara atau 78,25% partisipasi pemilih dengan jumlah suara sah 187.839 suara dan tidak sah 4.436 suara.

Masih dalam sertifikat rekapitulasi untuk pemilih yang terdata dan bersumber dari pemilih yang menggunakan KTP/ Surat Keterangan atau KK yang disebut sebagai daftar pemilih tambahan (DPTb) sebanyak 4.584 pemilih dan yang menggunakan hak suara dari DPTb sebanyak 4.057 suara.

Atas penetapan hasil pleno tersebut Direktur Media Center pasangan nomor-urut 1, Muchlisin, menyampaikan pesan dari Ahmad Fauzi Ansori dan Sujarmin mengatakan menerima secara jantan dan kesatria atas hasil perhitungan namun untuk proses pilkada tetap harus dikoreksi untuk perbaikan.

"Pesan dari Bang Ojie dan Pak Sujarmin mereka menerima secara jantan dan kesatria hasil perhitungan pada pleno hari ini, namun koreksi terhadap penyelenggaraan tetap kami sampaikan untuk perbaikan," ujar Muchlisin.

Sementara itu tim pemenangan pasangan nomor urut 3 diwakili oleh Agus Purnomo mengatakan pihaknya masih merasa keberatan dengan hasil pleno tersebut bahkan pihaknya sudah memasukan sebanyak 3 keberatan kepada pihak KPU Kabupaten Merangin dan berencana melaporkan Penyelenggara Pilkada Merangin ke DKPP.

"Kalau untuk menggugat ke MK kami fikir tidak karena jarak memang sudah jauh, tetapi ada beberapa hal yang kami akan laporkan ke tingkat DKPP seperti temuan adanya pemilih yang menggunakan KTP Kabupaten lain dan ada dibeberapa TPS form C7 nya tidak ditandatangani," ungkap Agus Purnomo.kepada sejumlah Wartawan.(*)

Penulis: Syaprian Joni
Editor: Nazarman