Explore Category

Advertorial


Merangin Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Senin, 04 Juni 2018 | 11:43:23
| Dibaca: 279 kali
Penulis: Syafrian joni Editor: Nazarman

Merangin Peringati Hari Lahirnya Pancasila
Merangin Peringati Hari Lahirnya Pancasila /

jhoni

MERANGIN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin pada Jumat (1/6), memperingati hari lahirnya Pancasila. Acara difokuskan pada upacara bendera yang berlangsung di halaman depan kantor bupati Merangin.

Upacara yang  diikuti barisan mahasiswa, pelajar, pramuka, Polisi, TNI, Satpol PP, Korpri dan sejumlah instansi lainnya itu, tampil sebagai Inspektur upacara Sekda Merangin H Sibawaihi. Tanpak hadir Forkopimda dan para pejabat di jajaran Pemkab Merangin.

Pada pengarahannya Sekda membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dikatakan Sekda, sesungguhnya Pancasila adalah berkah yang indah diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila lanjut Sekda, pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada 01 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok duduk bersama menetapkan Pancasila sebagai pemersatu perbedaan.

‘’Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,’’ujar Sekda pada upacara yang juga dihadiri para tokoh masyarakat tersebut.

Rangkaian proses besar tersebut tegas Sekda, harus selalu diingat, dalami semangatnya dan pahami rohnya. Semua itu menjadi tugas dan tanggungjawab rakyat Indonesia untuk  memastikan Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan.

Tidak hanya itu sambung Sekda, Pancasila juga harus selalu hadir dalam hati dan pikiran rakyat Indonesia. Pada peringatan hari lahirnya Pancasila 2018 tersebut, semua harus teguhkan semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.(*)

 

Penulis: Syafrian joni
Editor: Nazarman
Sumber: Bagian Humas Setda Merangin