Explore Category

Hukum & Kriminal


Gunakan Lambang Burung Garuda, Tim Garuda Minang Diperiksa Polisi

Senin, 09 April 2018 | 18:17:24
| Dibaca: 3079 kali
Penulis: Joni Editor: Abdul Jabar

Hendri Nasriko dan baju tim pemenangan Nalim-Khafid yang dinamai Garuda Minang
Hendri Nasriko dan baju tim pemenangan Nalim-Khafid yang dinamai Garuda Minang / ist

Joni,

MERANGIN-Ulah tim Nalim-Khafid yang menamakan diri Gerakan Pemuda Minang menggunakan lambang Burung Garuda pada logo tim pemenangan berbuntut panjang.

Sebab, sekira pukul 10.00 WIB, Senin (9/4/2018), Hendri Nasriko selaku ketua Garuda Minang oleh Unit IDIK-II/Tipiter Reskrim Polres Merangin. 

Pantauan Sarkopos.com, pemuda kelaharian tahun 1993 ini, di periksa lebih kurang selama dua jam oleh tim penyidik.

Kapolres Merangin AKBP I Kade Utama Wijaya,Sik MH melalui Kasat Reskrim AKP Sandy Mutaqqin Prayudha,Sik membenarkan pemanggilan tersebut. 

Ditemui seusai acara pemeriksaan, AKP Sandy mengatakan bahwa untuk saat ini masih tahap klarifikasi. Hal ini terkait dengan lambang Burung Garuda yang digunakan oleh kelompok Hendri Nasriko.

"Hari ini kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap Ketua Gerakan Pemuda Minang, terkait Lambang Burung Garuda yang digunakan oleh kelompoknya," kata AKP Sandy. 

Dikatakan Sandy, pihaknya akan terus mendalami kasus penggunaan Burung Garuda  pada lambang Gerakan Pemuda Minang tersebut, bahkan pihak kepolisian akan melibatkan tim ahli dalam penyidikan. 

Apabila nantinya terdapat unsur pidana, pihaknya akan melakukan langkah-langkah hukum. Sebab yang dirugikan didalam hal ini nantinya adalah Negara. 

"Kita akan terus mendalami kasus penggunaan lambang Burung Garuda oleh Gerakan Pemuda Minang tersebut, bahkan kita akan melibatkan tim ahli," Jelasnya.

Terkiat dengan pemeriksaan sendiri, AKP Sandy mengatakan bahwa itu tidak ada laporan dari pihak manapun.

“Ini inisiatif dari Kepolsian, tidak ada yang melapor,” Terangnya.

Sementara itu, Hendri Nasriko, saat dibincangi membantah bahwa logo yang digunakan pada tim Garuda Minang adalah pelecehatan terhadap lambang negara. Ia mengatakan tidak ada niat untuk melecehakan lambang Negara.

"Tidak ada niat untuk melecahkan lambang Negara, saya terinspirasi dari lambang Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia), itu juga menggunakan Burung Garuda," Tandasnya.(*)

(*)

Penulis: Joni
Editor: Abdul Jabar