Explore Category

Hukum & Kriminal


Pekan Depan Inspektorat Akan Lakukan Audit Ke Desa Sungai Tabir dan Desa Aur Duri

Rabu, 04 April 2018 | 13:51:46
| Dibaca: 698 kali
Penulis: Joni Editor: Nazarman

Hatam Tafsir
Hatam Tafsir / doc

Joni,

MERANGIN
-Laporan Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa terkait dugaan penyimpangan anggaran Dana Desa di Desa Sungai Tabir, dalam waktu dekat akan mulai diproses oleh tim auditor Inspektorat Merangin.

Demikian pula dengan Laporan tokoh Masyarakat Desa Aur Duri terkait dengan dugaan penyimpangan anggaran dana Desa Aur Duri dalam waktu dekat juga bakal diproses.

Demikian dikatakan Inspektur Inspektorat Kabupaten Merangin, Hatam Tafsir saat ditemui diruang kerjasnya, Rabu (4/4/2018).

“Berkasnya laporannya sudah kita terima, Senin depan (9/4/2018) baru kita akan melakukan audit ke Desa Sungai Tabir dan Desa Aur Duri,” kata Hatam Tafsir.

Seperti diketahui, awalnya dugaan penyimpangan Dana Desa di Sungai Tabir dilaporkan oleh Satgas Dana Desa ke Polres Merangin. Namun berkas laporan tersebut dilimpahkan lagi ke Inspektorat Merangin untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Begitu pula dengan dugaan penyimpangan Dana Desa di Desa Aur Duri, awalnya puluhan tokoh masyarakat Aur Duri melaporkan penyimpangan anggaran ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Merangin. Namun oleh pihak Kajari dilimpahkan ke inspektorat.

 Terkat dengan laporan tersebut, Khatam Tafsir enggan membukanya secara detail. Namun demikian dia mengatakan hal itu terkait dengan pembangunan jalan dan kantor desa.

 "Yang dilaporkan oleh tim Satgas itu hanya dalam bentuk fisik seperti jalan dan bangunan Desa yang menurutnya (Satgas) tidak sesuai dengan RAB," Jelasnya. 

Lanjutnya,pihak Inspektorat didalam hal ini hanya mengaudit sebatas administrasi,apa bila nanti ditemukan kekurangan dalam pekerjaan,pihak Inspektorat akan memerintahkan untuk melakukan perbaikan selama 60 hari sejak ditandatanganinya berita acara pemeriksaan. 

Namun dalam waktu yang sudah ditentukan tersebut Kepala Desa tidak juga bisa menyelesaikannya,maka pihak Inspektorat akan menyerahkan laporan tersebut ke pihak aparat hukum untuk dilakukan proses lebih lanjut.(*)

Penulis: Joni
Editor: Nazarman