Explore Category

Hukum & Kriminal


Terkait Laporan Satgas Dana Desa ke Polisi, AKP Sandy: Untuk Sementara Ditangani Inspektorat

Kamis, 08 Maret 2018 | 19:19:39
| Dibaca: 1301 kali
Penulis: Jhoni Editor: Abdul Jabar

AKP Sandy Mutaqin
AKP Sandy Mutaqin / Jon

Joni,

MERANGIN-Dugaan penyimpangan Anggaran Dana Desa (ADD) yang dilaporkan oleh Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal ke Polres Merangin, Sabtu (03/03/2018) lalu, akhirnya kasus tersebut ditangani oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP)  atau Inspektorat. 

Hal ini dikarenakan adanya nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (Mou) antara Kementrian Dalam Negeri dengan Kejagung dan Polri dalam penanganan pengaduan masyarakat tentang adanya indikasi korupsi pada penyelenggara Pemerintahan.

Sehingga aparat penengak hukum  didalam hal ini Polisi hanya bisa menunggu laporan dari pihak APIP atau Inspektorat apakah kasus ini kesalahan  administrasi atau ada unsure pidana.

Demikian dikatakan Kapolres Merangin AKBP I Kade Utama Wijaya, SIK MH melalui Kasat Reskrim AKP Sandy Mutaqin Pranayudha, SIK, saat dibincangi Sarkopos diruang kerjanya Kamis (08/03/2018).

BACA JUGA: Sering Pamer Uang di Medsos, Kades Sungai Tabir M. Juri Dipolisikan Satgas Dana Desa

"Kasus ini sementara diambil alih oleh APIP didalam hal ini adalah Inspektorat. Hal ini dikarenakan adanya MoU antara Kemendagri dengan kejagung dan Polri dalam penanganan pengaduan masyarakat tentang adanya indikasi korupsi pada penyelenggaraan Pemerintahan Daerah," Terang Akp Sandy Mutaqin.

Namun demikian, AKP Sandy mengatakan tidak tertutup kemungkinan kasus ini berlanjut ke proses hukum. Hal itu tergantung dari hasil laporan dari inspektorat nantinya.

"Jika ada unsur pidananya maka kasus ini akan dilanjutkan ke proses hukum,”Jelas Sandy.(*)

Penulis: Jhoni
Editor: Abdul Jabar