KPUD Merangin Warning Media Terkait Pemberitaan Dan Penyiaran Kampanye Paslon

Kamis, 01 Maret 2018 | 13:17:02
| Dibaca: 1071 kali
Penulis: Jhoni Editor: Nazarman

 Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Saat Acara Sosialisasi pemberitaan Media di ruang pola kantor bupati Merangin
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Saat Acara Sosialisasi pemberitaan Media di ruang pola kantor bupati Merangin /

Jhoni

MERANGIN-Dalam rangka mensosialisasikan tata cara pemberitaan dan penyiaran selama kampanye pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Merangin mengundang seluruh awak media yang ada di kabupaten Merangin Kamis (1/3/2018), yang diadakan diruang pola II Kantor Bupati Merangin ,

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin Iron syahroni dalam sambutannya mengatakan, media punya kekuatan dalam memberikan edukasi serta menyebarkan informasi pada suksesi Pilkada.

"Media sangat mempunyai peran penting, dalam hal pemberitaan masing-masing pasangan calon yang akan disampaikan kepada masyarakat untuk menciptakan rasa aman KPU akan lebih tegas dan selektif dalam hal publikasi media. Khususnya saat masa-masa kampanye. Bahkan, katanya ketentuan publikasi pasangan calon saat masa kampanye, sepenuhnya kewenangan KPU yang akan menentukan. Baik legalitas medianya, serta waktu dan tata cara penyebaran informasi,” jelasnya,

Untuk itu Iron berharap agar  media bisa bersikap netral dalam menulis pemberitaan dan menjujung tinggi kode etik jurnalis yang sudah diatur di dalam UU Pers no 40 Tahun 1999.

"Saya sangat mengharapkan kepada rekan-rekan media agar  bersikap adil dan netral dalam menulis berita dan dapat menjunjung tinggi kode etik jurnalis sesuai UU pers no 40 Tahun 1999.  tidak hanya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, UU No. 32/2002 tentang Penyiaran, dan UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, tetapi juga PKPU dan peraturan Bawaslu juga harus mematuhinya," Tukasnya.

Penulis: Jhoni
Editor: Nazarman