6 Ekor Burung Merpati Dilepas Ke Udara, Simbol Pilkada Damai Tanpa Kata Permusuhan

Minggu, 18 Februari 2018 | 19:56:32
| Dibaca: 812 kali
Penulis: Amn Editor: Nazarman

6 Ekor Burung Merpati Dilepas Keudara oleh tiga calon bupati Merangin
6 Ekor Burung Merpati Dilepas Keudara oleh tiga calon bupati Merangin /

Amn
 

MERANGIN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Merangin menggelar kegiatan deklarasi kampanye damai, dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Merangin 2018. Kegiatan tersebut diwarnai dengan pelepasan burung Merpati oleh tiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Merangin.

Dengan berjumlah enam ekor burung Merpati pun diberikan kepada masing-masing calon untuk semuanya dilepas, yakni Paslon Fauzi-Sujarmin, Paslon Haris-Mashuri dan Paslon Nalim-Khafid, yang menandakan siap melaksanakan kampanye damai pada Pilkada nanti.

Kegiatan yang dilaksanakan di depan Polres Merangin, juga dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Bupati Merangin, Husairi, Sekda Merangin, Sibawaihi, Kapolres Merangin, AKBP Ikade Utama Wijawa dan Dandim 0420/Sarko, Letkol Kav Rohyat Happy Arianto serta tim dan parpol pendukung masing-masing Paslon.

Tidak hanya melepas Burung Merpati, Paslon dan Koalisi Parpol menanda tangani empat poin kesepakatan yang tertuang dalam naskah deklari kampanye tersebut. Selanjutnya, Paslon diarak dengan mobil yang disiapkan masing-masing tim paslon, dengan rute yang telah disepakati sebelumnya.

Ketua KPU kabupaten Merangin, Iron Sahroni dalam sambutannya mengatakan, kegiatan deklari damai tersebut dilaksanakan bertujuan mempromosikan kepada masyarakat Paslon yang akan bertarung pada Pilkada 27 Juni 2018 nanti.

‘’Tujuannya menjaga kondisi Merangin damai. Dari 15 Februari lalu semua paslon sudah diperbolehkan kampanye, silahkan mempromosi dan meyakinkan kepada pemilih, dengan menyampaikan visi dan misi masing-masing calon,” ujarnya.

Dengan begitu lanjunya, sehingga nantinya masyarakat Merangin tahu siapa calon bupati yang akan dipilihnya. Namun dalam kampanye tersebut hendaknya, merupakan wadah edukasi kepada masyarakat tentang politik.

‘’Kampanye bisa dijadikan pelajaran politik bagi masyarakat. Tapi kami akan membatasi berita hoax, dengan membatasi medsos yang digunakan paslon untuk kampanye, dengan membatasi jumlah medsos itu,” katanya.

Kemudian, Kapolres Merangin, AKBP I Kade Utama dalam sambutannya mengatakan, pihaknya siap mengamankan pilkada kabupaten Merangin, dan tentunya dengan bersinergi dengan Kodim 0420/Sarko.

‘’Kami akan bahu membahu dalam mengamankan pilkada Merangin. Saya hanya mengingatkan para pendukung, agar pahami hukum, apa yang boleh dibuat, dan mereka tahu batasannya ada,” ujarnya.

Sementara itu Plt Bupati Merangin, Husairi yang juga diberi waktu memberikan sambutan mengatakan, berharap agar Pilkada Damai tersebut terwujud, dan berpesan kepada Paslon agar santun dalam berkampanye.

‘’Pagi ini kita berkumpul, Pilkada damai hendaknya dapat terwujud dalam pilkada Merangin ini. Kita menghimbau kepada seluruh paslon, untuk menyampaikan visi dan Misi, program secara santun,” ungkapnya.

Dirinya mengajak, baik Paslon, Tim Paslon dan lainnya. Untuk mewujudkan proses demokrasi yang bersih, dan ia berharap agar Pilkada Merangin berjalan aman dan lancar.

‘’Jadikan pilkada ini pelajaran politik bagi masyarakat kita. Kepada lapisan masyarakat, jangan mudah terprovokasi, Mari kita wujudkan proses demokrasi yang bersih,” pungkasnya.(*)

 

Penulis: Amn
Editor: Nazarman