Explore Category

Sarolangun


Wakil Bupati Sarolangun Buka Acara Sosialisasi Penyaluran Bantuan Sosial Beras Sejahtera

Kamis, 15 Februari 2018 | 16:28:06
| Dibaca: 1070 kali
Penulis: Achmad Fuady Editor: Nazarman

/

Fuady.

SAROLANGUN-untuk menciptakan sinergitas yang harmonis dan efektif dalam mencapai tujuan pembangunan dan pelayanan kesejahteraan sosial. Dinas Sosial Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan Sosialisasi PenyaluranBantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra)Kabupaten Sarolangun Tahun 2018.

Kegiatan ini diikuti oleh para peserta terdiri dari para camat , kepala desa dan TKSK se-Kabupaten Sarolangun, serta tim koordinasi dan panitia kegiatan. Adapun narasumber berasal kepala Bapeda dari Kepala Dinas Sosial Provinsi Jambi dan Kepala Dinas Sosial Kab. Sarolangun

“Program rastra masuk dalam kluster I bersama program perlindungan dan bansos  lainnya seperti jamkesmas, PKH dan bantuan operasional sekolah (BOS). Maka untuk membantu meringankan beban pengeluaran masyarakat, pemerintah  tetap mengalokasikan anggaran untuk program rastra dimaksud termasuk penyaluran rastra pada tahun 2018 ini” Ungkapnya (Kepala Bappeda Kab.sarolangun).

Program ini dimulai pada waktu terjadi krisis pangan pada tahun 1998 yang lalu. Untuk mengatasi krisis tersebut, Pemerintah mengambil kebijakan untuk memberikan subsidi pangan bagi masyarakat melalui Operasi Pasar Khusus (OPK). Pada tahun 2002 program tersebut dilakukan lebih selektif dengan menerapkan sistem targeting, yaitu membatasi sasaran hanya membantu kebutuhan pangan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM/KPM). Sejak itu Program ini menjadi populer dengan sebutan Program Raskin. Akan tetapi program Raskin pada tahun 2017 beralih nama menjadi Program Beras Sejahtra (RASTRA).

 Gasim.SH(Kadinsos Kab.Sarolangun) “Tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten Sarolangun mendapatkan Pagu alokasi Beras Sejahtra (RASTRA) sebanyak 195 Ton untuk Perbulan, Alokasi pagu RASTRA Kabupaten Sarolangun tersebar merata di 10 Kecamatan dan 114 Desa. “terangnya.

Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk Membangun kesadaran dan pemahaman para pemangku kepentingan bahwa Program Bansos Rastra merupakan program bersama yang menghendaki kepedulian, komitmen dan keterlibatan berbagai pihak. (*) 

Penulis: Achmad Fuady
Editor: Nazarman