Explore Category

Hukum & Kriminal


KPK Telusuri Keterlibatan Gubernur Zumi Zola di Kasus OTT Jambi

Kamis, 30 November 2017 | 14:49:47
| Dibaca: 1205 kali
Penulis: Sarkopos.com Editor: Nazarman

Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli (kiri)
Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli (kiri) / Istimewa

SARKOPOS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku akan menelusuri keterkaitan Gubernur Jambi Zumi Zola dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kasus dugaan suap di Provinsi Jambi.

"Apakah sudah bisa dipastikan kasus ini perintah Gubernur. Ini juga masih dalam pengembangan, pengembangan apakah ada perintah khusus atau tidak," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di lansir dari tirto.id, Rabu (29/11/2017).

Basaria menyatakan bahwa KPK akan memeriksa kebenaran soal dugaan Zumi Zola yang memerintahkan Asda III Provinsi Jambi Saifudin dan Plt Sekda Pemprov Jambi Erwan Malik untuk menyuap anggota DPR.

Namun, hal itu belum bisa dilakukan karena tim KPK masih berada di lapangan untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus suap yang ditaksirkan mencapai Rp6 miliar itu.

"Kita harapkan sesegera mungkin ada kepastian apakah ada perintah atau tidak karena kita tahu tadi tujuan dari pemberian uang ini adalah yang sering mendengar istilahnya uang ketok. Uang ketok itu untuk anggaran 2018 yang akan datang," kata Basaria.

Basaria menduga bahwa pemberian uang itu bertujuan agar anggota DPRD membantu mengesahkan anggaran APBD Jambi 2018.

Saat ini, KPK telah membawa 5 orang saksi setelah konferensi pers penetapan 4 tersangka OTT Jambi. 5 saksi ini tengah dalam perjalanan dari Jambi menuju Jakarta.

"Saat ini akan dibawa kembali 5 orang saksi dari Jambi ke kantor KPK di Jakarta. Saat ini sudah berada di Bandara di Jambi menuju Cengkareng," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (29/11/2017).

Kelima saksi tersebut adalah RNI staf dinas PUPR Jambi, WYD anak buah ARN, DHI anak buah ARN, GWS selaku swasta, dan seseorang berinisial FN. Mereka akan diperiksa oleh penyidik untuk mengungkap kasus suap Jambi.(*)


Editor: Nazarman
Sumber: tirto.id