Explore Category

Sarolangun


Dinas Pertanian Sarolangun Gelar Musyawarah Temu Teknis Penyuluh Pertanian

Rabu, 29 November 2017 | 20:35:23
| Dibaca: 139 kali
Penulis: Achmad Fuady Editor: Nazarman

DTPHT Gelar Musyawarah Temu Teknis Penyuluh Pertanian Di Aula hotel Abadi
DTPHT Gelar Musyawarah Temu Teknis Penyuluh Pertanian Di Aula hotel Abadi /

Fuady

SAROLANGUN-Dalam rangka mendukung tercapainya percepatan produksi pangan di kabupaten Sarolangun Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) mengadakan acara temu teknis penyuluhan pertanian, Rabu 29/11,

Acara yang berlansung aula hotel Abadi, tersebut di hadiri oleh para penyuluh,ketua Gapoktan dan ketua kelompok tani se kab Sarolangun,

Kepala Dinas TPHP Joko susilo mengatakan  kegiatan dilakukan untuk mewujudkan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) sebagai pos simpul koordinasi dan sinkronisasi program serta pelaksanaan kegiatan pembangunan pertanian.

"Acara ini kita gelar bertujuan untuk  mewujudkan TPHP sebagai pos simpul koordinasi dan singkronisasi program serta pelaksanaan kegiatan pertanian dan juga sekaligus sebagai pusat data dan informasi pertanian ditingkat kabupaten.

“Maka, untuk mencapai kapasitas  diperlukan pengembangan kapasitas secara bertahap dalam jangka panjang agar  memiliki kemampuan,” katanya kepada Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Kemampuan yang harus dimiliki tambahnya, mampu menyediakan data dan informasi pertanian terkini sesuai dengan kebutuhan perencanaan pembangunan pertanian diwilayah masing-masing.

Selain itu, menetapkan sasaran areal dan produksi pangan strategis nasional, memfasilitasi kelompok tani dalam penyusunan RDK/RDKK, dan mempercepat penerapan teknologi spesifik lokal, serta mewujudkan TPHP sebagai organisasi pembelajar melalui sitsem Latihan, Kunjungan dan Supervisi (Lakususi).

“Kemampuan itu yang harus dimiliki TPHP, Tahun 2018 saat ini. Kegiatan tersebut dikelompokkan berdasarkan aspek perencanaan, pelaksanaan dan monitoring dengan harapan mampu mempercepat peningkatan kapasitas TPHP  dalam mendukung program pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, temu teknis penyuluhan pertanian ditingkat kabupaten dilaksanakan sebagai tindaklanjut kegiatan serupa ditingkat Propinsi. Untuk menyamakan persepsi dan mensinergikan kegiatan penyuluhan pertanian yang ada dikecamatan. “Lalu dibuatkan laporan hasil pengolahan database penyuluhan. Kemudian laporan itu dikirim kepada Kepala Dinas TPHP sarolangun, tuturnya.(*)

Penulis: Achmad Fuady
Editor: Nazarman