Ini Perkiraan Pengamat Terkait Dukungan PAN di Pilkada Merangin

Rabu, 15 November 2017 | 11:14:46
| Dibaca: 1683 kali
Penulis: Abdul Jabar Editor: Sarkopos.com

/ ist/doc/sarkopos.com

JABAR,

MERANGIN-Hingga sejauh ini   Partai Amanat Nasional (PAN) belum menjatuhkan dukungan kesalah satu Bakal Calon Bupati Merangin. Namun demikian dalam waktu dekat diperkirakan partai berlambang matahari terbit itu akan menentukan sikap.

Lantas kepada siapa dukungan PAN diberikan ?, pengamat politik di Provinsi Jambi Jafar Akhmad angkat bicara terkait hal ini. Ia memperkirakan bahwa PAN adalah salah satu partai yang sangat hati hati dalam menentukan dukungan di Pilkada di Provinsi Jambi.

“PAN akan hati hati sekali dalam menetapkan calon, dan kita meyakini bahwa untuk di Merangin PAN akan tetap mengacu pada hasil survey,” kata Jafar Akhmad, pada sarkopos.com, Rabu (15/11/2017).

Biasanya, kata Jafar, PAN akan melihat peluang dari kandidat tersebut untuk bisa memenangi Pilkada. Sehingga saat PAN menentukan dukungan maka peluang bakal calon tersebut semakin besar untuk bisa unggul dari calon lainnya.

Sementara sejauh ini melihat kondisi di Kabupaten Merangin, lanjut  Jafar Akhmad, Nalim merupakan salah satu Bakal Calon Bupati yang paling berpeluang untuk didukung oleh PAN. Hal itu tidak terlepas dari masih tingginya tingkat elektabilitas yang dilihat dari hasil survey.

“Nalim itu kader PAN, ditambah hasil survey yang saya dapat infonya,  Nalim juga masuk salah satu kandidat yang bersaing, jadi ada kemungkinan untuk di Merangin PAN akan mendukung Nalim,” Jelasnya.

Selain itu, Kandidat lainya seperti Al Haris dan Ahmad Fauzi Ansori juga sudah hampir mendapat dukungan dari beberapa partai besar. Seperti Golkar dan PDIP dikabarkan akan mendukung Al Haris, sementara Partai Demokrat, PKPI,  PKS dan Gerindra mendukung Ahmad Fuazi Ansori.

“Maka ada kemungkinan PAN akan mendukungan Nalim, mengingat gambaran dari partai lain sudah hampir pasti, seperti Demokrat dan PKS sudah hampir pasti ke Ojik, tapi kalau Gerindra saya belum tahu,” terangnya.

Hanya saja, kata Jafar Akhmad, untuk mendapat dukungan dari PAN, Nalim diperkirakan akan bersaing ketat dengan Muhamad Syukur. Mengingat Syukur juga merupakan salah satu bakal calon yang punya angka survey cukup menjanjikan.

“Sebab Syukur juga sangat berharap didukung oleh PAN, karena bila didukung oleh PAN Syukur akan merasa semakin kuat,” tandasnya.(*)

Penulis: Abdul Jabar