Explore Category

Warta Sarolangun


Takut Disalah Gunakan, Pemkab Sarolangun Kerjasama Dengan Kepolisian Awasi Dana Desa

Rabu, 08 November 2017 | 20:45:45
| Dibaca: 2076 kali
Penulis: Achmad fuady Editor: Nazarman

sosialisasi pengawasan Dana Desa (DD)
sosialisasi pengawasan Dana Desa (DD) /

Fuady

SAROLANGUN-Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun gelar sosialisasi pengawasan Dana Desa (DD) guna mengantisipasi Dana Desa yang bersumber dari Pemerintah Pusat tidak disalah gunakan oleh Kepala Desa.

Bupati Sarolangun, Cek Endra, dalam acara sosialisasi pada Rabu (08/11/2017) tersebut mengingatkan Kepala Desa harus ekstra hati-hati dalam mengelola Dana Desa dan dapat mempertanggung jawabkan sesuai dengan Undang-Undang dan Peraturan yang berlaku.

Demi menjamin Dana Desa ini bermanfaat untuk masyarakatnya Bupati sarolangun bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam mengawasi pengelolaan dan penggunaan Dana Desa.

“Tujuan kita bekerja sama dengan pihak kepolisian adalah untuk pencegahan supaya Kepala Desa tidak tersandung hukum akibat salah dalam menggunakan Dana Desa” ujar Cek Endra Bupati Sarolangun.

Langkah-langkah Pemerintah Sarolangun dalam upaya menjaga para Kades agar tidak tersandung permasalahan hukum telah dilakukan, mulai dari pelatihan keuangan desa sampai pada sosialisasi pengawasan terhadap dana dana yang bergulir di desa, baik dana yang bersumber dari Pemerintah Pusat (DD dan ADD) atau dari Pemerintah Daerah (P2DK) yang berjumlah lebih 1 Milyar Rupiah, disamping itu para Kades diberikan formula dan standar pelaporan dan pertanggung jawaban serta petunjuk teknis (Juknis) sebagai petunjuk yang harus diikuti.

"Semua ada Juknis dari Pemerintah, musyawarah desa adalah untuk memilih yang ada pada Juknis, bukan untuk menyepakati hal baru untuk penggunaan di luar Juknis, jadi berupaya lah untuk tidak keluar dari Juknis" terang Bupati.

Saat disinggung tentang adanya dugaan para Kades menggunakan dana P2DK di luar Juknis, Bupati menyebutkan akan mengkaji dan memperbaiki Juknis tersebut.

"Kalau memang diperlukan, kita akan memperbaiki Juknisnya, agar tidak ada lagi permasalahan dalam penggunaan dana" ujar Cek Endra

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana dalam arahannya juga seirama dengan Bupati, Kapolres menjelaskan agar Dana Desa tidak disalah gunakan di luar ketentuan dan petunjuk yang telah ditetapkan, dan betul-betul ada kemanfaatan kepada masyarakat dan kades tidak tersandung hukum.

"Kepolisian membantu mengawasi, bukan mencari permasalahan,” ujar Kapolres.(*)

Penulis: Achmad fuady
Editor: Nazarman