KPU Merangin Verifikasi Partai Politik

Selasa, 03 Oktober 2017 | 00:46:18
| Dibaca: 367 kali
Penulis: Wiwin Saputra Editor: Abdul Jabar

/ ist

Wiwin,

MERANGIN-dalam Sosialisasi pendafataran, penelitian administrasi, verifikasi faktual Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2019, KPU Merangin sudah membuka pendaftaran partai politik (Parpol) mulai tanggal 3 Oktober sampai 17 Oktober 2017.

Iron Syahroni ketua KPU Merangin, mengatakan, sesuai dengan PKPU nomor 11 tahun 2017 tentang Veririfikasi Faktual parpol tingkat Kabupaten, maka KPU tingkat Kebupaten dan kota harus melakukan sosialisasi terkait dengan aturan aturan yang pendaftaran Porpol.

"Maka hari ini kami kumpulkan partai partai politik, semuanya hadir termasuk partai partai baru, dan besok pagi (tanggal 3 ) kami sudah menerima bahan,"kata Iron. 

Lanjut Iron khusus parpol baru harus dilakukan Verifikasi, kerena berbeda dengan partai lama jika ada syarat dan tidak lulus Verifikasi maka dipastikan parpol gagal dalam pemilu dan pileg 2019 mendatang.

“Jangan sampai lengah, syarat utamanya harus daftar di KPUD, serta surat pendaftaran ditanda tangani pimpinanan parpol tingkat pusat,"kata Iron.

lanjutnya, Pendafataran parpol juga harus ada surat keterangan yang menyatakan parpol tingkat pusat telah terdaftar sebagai badan hukum, yang dikeluarkan kementrian Hukum dan Hak Azazi Manusia sebagai bukti pemenuhan persyaratan.(*)

Penulis: Wiwin Saputra
Editor: Abdul Jabar