Explore Category

Pendidikan


M Zubir: Baju Seragam Diadakan Komite Harus Dimaklumi

Rabu, 19 Juli 2017 | 17:19:28
| Dibaca: 2832 kali
Penulis: Wiwin Saputra Editor: Nazarman

M Zubir Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kab Merangin
M Zubir Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kab Merangin /

Wiwin

MERANGIN-Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah sepertinya lain diartikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, M Zubir, Komite boleh saja melakukan pengadaan seragam sekolah asalkan sudah disepakati oleh Wali Murid.

“Baju seragam itu tidak dikelola oleh sekolah, tetapi kalau komite yang menginginkan setelah membicarakan dengan Wali Murid tidak apa-apa” terang M Zubir

M Zubir juga menekankan jika ada pihak Sekolah atau Komite yang sudah membicarakan kepada Wali Murid mengenai baju seragam harganya harus sesuai dengan harga pasar dan kalau bisa dibawahnya.

“Saya tekankan kalau Sekolah atau Komite sudah berbicara dengan Wali Murid harganya harus sesuai dengan harga pasar dan kalau bisa dibawahnya” tegas M Zubir

Ketika media mencoba mengkonfirmasi mengenai ada atau tidaknya aturan yang melarang pengadaan baju tersebut, M Zubir mengakui adanya himbauan namun ia meminta untuk hal ini dimaklumi saja.

“Untuk himbauan ada, tetapi harap dimaklumi supaya baju sekolah antara masyarakat yang kurang mampu dan yang mampu bisa seragam kalau dikelola oleh Sekolah atau komite” ungkap M Zubir

Namun hal ini jelas bertentangan dengan Permendikbud no 75 Tahun 2016 pada pasal 12 huruf (a) yang menjelaskan bahwa Komite Sekolah, baik perseorangan maupun kolektif dilarang menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan ajar, pakaian seragam, atau bahan pakaian seragam di Sekolah.(*)

Penulis: Wiwin Saputra
Editor: Nazarman