Explore Category

Pendidikan


PPDB Merangin Tingkat SMP Gunakan Sistem Rayon

Selasa, 13 Juni 2017 | 17:05:46
| Dibaca: 2809 kali
Penulis: Wahyuni Omega Editor: Nazarman

M Zubir
M Zubir /

Mega

MERANGIN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP negeri di Kabupaten Merangin pada 2017 ini direncanakan akan menggunakan sistem rayon (zona). Namun sebuah SMP negeri masih bisa menerima siswa baru dari luar rayon, luar kabupaten, atau luar provinsi, meski sangat dibatasi jumlahnya.

Kepala dinas pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Merangin M. Zubir mengatakan, Penerimaan Peserta Didik khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dianjurkan menggunakan sistem Rayon. Hal ini sangat berbeda dengan tahun lalu, untuk siswa diperbolehkan memilih sekolah yang diminati atau dianggap favorit oleh siswa.

‘’PPDB dengan sistem rayonisasi ini berlaku di seluruh Merangin  tujuan dari penggunaan sistem Rayon tersebut untuk pemerataan jumlah siswa disetiap sekolah yang tersebar di Merangin.”Ujar Zubir

Zubir menambahkan Peserta didik harus mendaftar sekolah di sekolahan yang terdekat atau sesuai dengan asal tempat tinggal, sistem ini untuk mengantisipasi penumpukan peserta didik dan untuk tahun ajaran baru nanti agar tidak ada istilah sekolah unggulan seperti tahun ajaran sebelumnya juga sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan. Terutama, agar siswa dengan nilai tinggi atau potensi akademisnya bagus, tidak menumpuk hanya pada satu Sekolah saja." Pungkas  Zubir.(*)

Penulis: Wahyuni Omega
Editor: Nazarman