Ramadhan, Anak Jalanan, Gelandangan, dan Pengemis Menjamur di Merangin

Kamis, 08 Juni 2017 | 22:18:38
| Dibaca: 1964 kali
Penulis: Wiwin Saputra Editor: Nazarman

Romadhan Pengemis Menjamur di Merangin
Romadhan Pengemis Menjamur di Merangin /

Wiwin

MERANGIN-Bulan Suci Ramadhan merupakan berkah tersendiri bagi pengemis musiman dibeberapa kota besar dan juga tidak ketinggalan di Kabupaten Merangin.

Pantauan media dijalan Lintas Sumatera tepatnya simpang empat lampu merah depan Kantor Bupati Merangin, terdapat sorang Bapak-Bapak menggunakan tongkat yang meminta-minta kepada pengguna jalan Lintas Sumatera.

Menurut keterangan salah satu Ibu-ibu yang berjualan disekitar Pom Bensin Bapak tersebut tidak diketahui kediamannya, namun diduga Bapak tersebut tidaklah cacat dikarenakan setiap sore ia selalu pulang menggunakan Motor merk Honda Beat keluaran tahun 2015.

"Kalau orang mana saya tidak tau pasti, tetapi sepertinya Bapak tersebut masih kuat dikarenakan setiap mau pulang dia mengendarai motor Beat yang di parkirkan di dekat Taman Lansia layak Anak" ujar salah seorang Ibu yang berjualan di sekitar Pom Bensin

Sementara itu Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangko, Eka Putra Caniago, mewarning Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) yang menurutnya tidak Peka terhadap keadaan sosial dikarenakan orang yang memang tidak mampu dan berpura-pura tidak mampu sama-sama dibiarkan.

"Saya menyayangkan peran Dinas Sosial yang tidak Peka dengan lingkungan sekitar ada orang yang tidak mampu seperti Pak Anwar penderita kanker dibiarkan, begitu juga yang berpura-pura tidak mampu meminta-minta juga tidak ditertibkan" ungkap Eka Putra

Eka Putra berharap kepada Dinsos untuk mengamalkan UUD Tahun 1945  pasal 34 Ayat 1,2 dan 3 yang menyebutkan fakir miskin dan anak-anak terlantar di pelihara oleh Negara.

"Kalau masalah Bapak yang meminta-minta di lampu merah tersebut mohon diselidiki oleh Dinsos kebenarannya, karena saya perna melihat kalau Bapak tersebut pulang mengemis mengendarai motor"

"Dan saya berharap Dinsos mengamalkan UUD Tahun 1945 ayat 1,2 dan 3," ujar Eka Putra Caniago.(*)

Penulis: Wiwin Saputra
Editor: Nazarman