Explore Category

Warta Sarolangun


RSUD HM Chatib Quswain Menjadi Tempat Study Banding Rumah Sakit Lain di Provinsi Jambi

Rabu, 26 April 2017 | 19:50:16
| Dibaca: 3291 kali
Penulis: Achmad fuady Editor: Nazarman

DR Irwan Mizwar, Direktur RSUD HM Chatib Quswain Sarolangun
DR Irwan Mizwar, Direktur RSUD HM Chatib Quswain Sarolangun /

Fuady


SAROLANGUN- Dengan sertifikat BLUD  yang dimiliki RSUD HM Chatib Quswain Sarolangun, Rumah sakit kebanggaan masyarakat Kabupaten Sarolangun ini saat ini menjadi  tempat studi banding rumah sakit lainnya di Provinsi Jambi bahkan luar Provinsi Jambi,Rabu.26/04/2017

RSUD HM Chatib Quswain menjadi rujukan study banding rumah sakit lainnya tersebut adalah dalam upaya mendapatkan akreditasi rumah sakit sesuai standar yang telah ditetapkan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

"Akreditasi adalah sebagai bukti pelayanan yang sesuai dengan standar lembaga independent yang ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan RI", kata DR Irwan Mizwar, Direktur RSUD HM Chatib Quswain Sarolangun di ruang kerjanya.

Namun diakuinya, untuk memenuhi standar tersebut dibutuhkan biaya yang besar,

"Untuk sesuai standard butuh biaya banyak, kebanyakan rumah sakit belum memenuhi standar tersebut karena biaya yang dibutuhkan sangat besar", kata Direktur Irwan Mizwar.

Sampai saat ini, dengan prestasi yang dimilikinya, RSUD HM Chatib Quswain sudah menerima beberapa Rumah sakit yang datang dalam rangka Study Banding diantaranya Rumah Sakit Swasta sungai gelam, RSUD

Curup Provinsi Bengkulu, RSU Muara Bulian dan RSUD Solok Selatan Sumatera Barat. Ternyata bukan hanya itu, RSUD HM Chatib Quswain juga dilirik oleh rumah sakit lainnya di luar Provinsi Jambi, "Besok (hari ini.red) akan ada study banding RSUD dari Medan", tambah Direktur Irwan.

Disinggung tentang keberadaan rumah sakit di Provinsi Jambi, Irwan menjelaskan yang sudah mendapatkan sertifikasi Kementrian RI adalah RSUD Abdul Mantap Kota Jambi dan RSUD HM Chatib Quswain Sarolangun.

"Kalau untuk level provinsi, rumah sakit Kota Jambi Abdul Manap nilai akreditasinya di bawah kita, nilai kita 91, Abdul Mamak 64, begitupun dengan sertifikasi BLUD, mereka duluan 3 bulan dari kita", tambahnya seraya menyebutkan RSUD HM Chatib Quswain sudah BLUD tahun 2016 yang lalu.

Ditanya jumlah pasien yang dilayani rumah sakit yang dipimpinnya, Irwan menyebutkan tahun ini akan lebih banyak dan meningkat dari tahun sebelumnya, " Tahun ini target pelayanan kunjungan pasien 36 ribu orang, kemungkinan bisa mencapai 40 ribu orang, kita optimis", lanjut Irwan optimis.(*)

Penulis: Achmad fuady
Editor: Nazarman