Explore Category

Pemekaran Tabir Raya


Zakaria Saleh: Dimasa Kepemimpinan Pak H Al Haris Progres Pemekaran Tabir Raya Berjalan Cepat

Minggu, 29 Januari 2017 | 12:58:01
| Dibaca: 2092 kali
Penulis: Wiwin Saputra Editor: Nazarman

Bupati Merangin H Al Haris saat menghadiri acara Tabir Raya
Bupati Merangin H Al Haris saat menghadiri acara Tabir Raya /

Wiwin

MERANGIN-Selangkah lagi Bupati Merangin H Al Haris, sukses melahirkan kabupaten pemekaran Tabir Raya. Ini tersirat dari pertemuan yang berlangsung Jumat (27/1), di Rantau Panjang, Tabir.

Perkembangan pogres lahirnya Kabupaten Tabir Raya jelas bupati,  jika 83 rencana pemekaran kabupaten di Indonesia sudah siap diajukan proses ke DPR RI, Tabir Raya berada diperingkat atas  yang sudah siap dimekarkan.

‘’Nanti dari 83 rencana kabupaten itu akan disortir, daerah yang dianggap sudah mantap dan masuk kriteria dalam pemekaran. Saya terus menjaga komunikasi dengan tim pusat,’’ujar Bupati.

Selain itu, bupati setiap kali bertemu dengan Menteri Dalam Negeri, selalu mengingatkan tentang pemekaran Tabir Raya tersebut. Bupati terus menjaga reating Tabir Raya, agar berada di bagian teratas.

Pada 2016 bupati telah melakukan Momeranum of Understanding (MoU) dengan BIG, untuk pembuatan pemetaan tapal batas kabupaten.  Pada 2017 ini bupati sudah  menganggarkan dana pemetaan tapal batas Merangin dan Tabir Raya Rp 1,4 miliar.

‘’Walaupun kondisi APBD kita diPerkada,  tetapi saya tetap menganggarkan dana ini,  karena saya ingin Kabupaten Tabir Raya cepat lahir dalam lima tahun ini. Saya berharap kalau sudah mekar, perkonomian Tabir Raya ini lebih bagus,’’harap Bupati.

Apalagi lanjut bupati, Tabir Raya dekat dengan Bandara Muara Bungo. Iini merupakan salah satu faktor kemajuan suatu daerah, jika ada bandara atau lokasi daerah tersebut dekat dengan bandara.

Guna mempercepat proses lahirnya Tabir Raya itu, H Al Haris telah mendudukan putra Tabir H Syafri sebagai Asisten I Setda Merangin yang mengurusi pemerintahan. Delapan kecamatan di Tabir Raya nanti juga bisa dimekarnya, sehingga tambah banyak.

Untuk pemekaran kecamatan itu, bupati minta seluruh masyarakat bersatu padu, karena dampak pengaruhnya sangat luar biasa.  ‘’Saya juga sudah menyiapkan administrasi dalam pemekaran Tabir Raya,’’jelas Bupati.

 Administrasi yang disiapkan bupati diantaranya, menyiapkan dana jaminan dana Pilkada pertama,  mengusulkan pemisahan penduduk,  mengusulkan pembagian aset, sekarang juga menyiapkan tapal batas daerah dengan menganggarkan peta tapal batas di BIG.

‘’Peta ini merupakan salah satu penilai yang sangat mendukung pemekaran.  Saya tegaskan kepada panitia dan Bagian Pemerintahan Setda Merangin,  dalam pemekaran jangan sampai memberatkan masyarakat,’’pinta Bupati.

Bupati akan terus berjuang dan membuka diri dalam pemekaran Tabir Raya. Bupati akan meminta waktu kepada Gubernur Jambi H Zumi Zola, untuk menemukan panitia dan perwakilan rakyat Tabir Raya dengan gubernur.

Menyinggung peta politik 2018? Bupati mengaku menyerahkan persoalan politik itu kepada Allah, karena semuanya sudah diatur oleh Allah. ‘’Saya hanya berpikir terus bekerja untuk rakyat, khusus untuk masyarakat Tabir Raya. Terpenting sakarang mari kita bersama wujudkan lahirnya Tabir Raya,’’jelas Bupati lagi.

Acara silaturahmi delapan kecamatan Tabir Raya tersebut, telah berjalan selama tiga tahun terakhir.  Pada acara itu seluruh tokoh masyarakat Tabir Raya tanpa dikomandoi menyatakan sikap untuk mendukung Bupati Merangin H Al Haris untuk maju diperiode selanjutnya.

Sementara itu H Zakaria Saleh selaku ketua panitia pemekaran Tabir Raya mengucapkan terima kasih atas bantuan Bupati.  ‘’Dimasa kepemimpinan Pak H Al Haris progres pemekaran Tabir Raya  berjalan cepat,’’ujarnya.

Sabri Sanan ketua dewan panesehat Tabir Raya dan tokoh masyarakat Tabir serta mantan anggota DPRD Sarko menambahkan, masyarakat sekarang ini  seolah-olah bermimpi, karena proses pemekaran Tabir Raya berlangsung cepat.

‘’Bapak Bupati  membantu kita benar-benar dari hati untuk mengurus dan membangun negeri kita ini.  Ini cukup untuk kita mengatakan terima kasih kepada Bapak Bupati Merangin,’’ujar Sabri.(*)

Penulis: Wiwin Saputra
Editor: Nazarman
Sumber: Bagian Humas Setda Merangin