Explore Category

Warta Sarolangun


Cegah Pungli, RSUD Sarolangun Bentuk Satuan Pengawasan Internal (SPI)

Selasa, 25 Oktober 2016 | 14:45:15
| Dibaca: 3457 kali
Penulis: Mardinal Editor: Nazarman

dr. Irwan Miswar, MKM Direktur RSUD Prof. DR. H.M. Chatib Quzwain
dr. Irwan Miswar, MKM Direktur RSUD Prof. DR. H.M. Chatib Quzwain /

Mardinal

SAROLANGUN- Terus berbenah dan melakukan perbaikan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sarolangun guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan, selain itu RSUD Prof. DR. H.M. Chatib Quzwain juga sudah menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). Sebagai sebuah organisasi, rawan terjadi penyimpangan bukan tidak mungkin bisa beresiko bagi pasien dan pihak rumah sakit.

 Oleh karena itu, Undang – undang mengamanatkan bahwa dalam penyelenggaraannya, Rumah Sakit harus dilakukan audit. Melalui Surat Keputusan Direktur Nomor : 64/RSUD/2016 tentang Penetapan Penunjukan Tim Satuan Pengawas Internal (SPI) RSUD Prof. DR. H.M. Chatib Quzwain siap menuju Good Corporate Governance. 

Saat dikonfirmasi dr. Irwan Miswar, MKM selaku direktur menjelaskan,

 “ SPI merupakan unit kerja yang langsung dibawah saya dan mempunyai tugas melakukan pegawasan internal kinerja, keuangan, operasional dan pelayanan, sumber daya manusia, pengembangan dan ada Audit yang sifatnya khusus, yang nantinya dari hasil audit tersebut menjadi masukan bagi saya dalam mengambil keputusan atau sebuah kebijakan”.Kata Dirut RSUD Sarolangun.

Dalam meningkatkan pengetahuan Kualitas Tim SPI dan tindak lanjut dari penetapan Tim SPI, baru ini Direktur mengirim Tim SPI ke RSUD Embung Fatimah Kota Batam untuk melakukan study banding disana.

 “ Rumah Sakit sebagai sebuah organisasi, bila ingin maju maka SPI-nya haruslah kuat, selanjutnya akan banyak pelatihan-pelatihan yang akan mereka ikuti guna meningkatkan keahlian tim saya tentang audit baik teknis maupun non teknis, itu komitmen saya,” Tegasnya.

Saat ini Satuan Pengawas Internal RSUD Prof. DR. H.M. Chatib Quzwain terdiri dari 4 orang, 1 staf sekretariat sifatnya independen guna menjaga professional dalam menjalankan tugasnya,

Adapun susunan SPI RSUD Prof. DR. H.M. Chatib Quzwain, Sebagai berikut, Budi Andiyanto, SKM, MPH (Kepala),Almuhsinin, SKM, MPH (Anggota),Riko Afera Saputra, S. Kep, MPH (Anggota),Riyadi, SE (Anggota) Bayu Eka Farisda (staf sekretariatan)

Disamping itu Perwakilan Manajemen yang turut mendampingi Tim SPI saat melakukan study banding ke RSUD Embung Fatimah Kota Batam, Sebagai berikut,Alberto, SH, M.Hkes ,Hendriyatno, SKM Jamaludin, S. Kep

Penetapan Tim SPI RSUD Prof. DR. H.M. Chatib Quzwain tentunya mempunyai tujuan dan itikad yang baik untuk memajukan rumah sakit. Dengan tugas dan fungsi SPI dan sesuai yang diharapkan rumah sakit akan terus mengalami perubahan kearah yang lebih baik dan memenuhi harapan Pemerintah Daerah kabupaten Sarolangun dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Sarolangun. (*)

Penulis: Mardinal
Editor: Nazarman