Explore Category

Berita Daerah


Perda-nya Sudah Ada, namun Hewan Ternak masih Berkeliaran di Jalan Raya Sarolangun

Rabu, 01 Juni 2016 | 18:14:24
| Dibaca: 4494 kali
Penulis: Udin Editor: Andi Prima Putra

MEMBAHAYAKAN:Sejumlah ternak kaki Empat sering berkeliaran di jalan raya Sarolangun. kondisi ini membahayakan pengguna jalan/Foto Net
MEMBAHAYAKAN:Sejumlah ternak kaki Empat sering berkeliaran di jalan raya Sarolangun. kondisi ini membahayakan pengguna jalan/Foto Net /

Udin,

SAROLANGUN – Ada pemandangan yang janggal terlihat di jalan-jalan raya Sarolangun. Puluhan hewan ternak berkaki empat tampak santai melintas yang tentunya cukup membahayakan bagi pengemudi kendaraan. Padahal peraturan daerah (Perda) sudah ada dan pengesahaannya pun mengorbankan keuangan daerah yang tidak sedikit.

“Banyak sekali kerbau, kambing yang melintasi jalan, sehingga menghadang lalu lintas. Sepertinya hal ini belum mendapat perhatian dari instansi terkait,”ujar Ulul warga kelurahan Sarkam.

Ulul menyebutkan, di jalan kelurahannya, dari pagi hingga sore hari terlihat puluhan hewan berkaki empat berkeliaran hingga ke simpang Empat Kota Sarolangun.

 “Sudah banyak pengendara motor yang tertabrak kerbau apa lagi lingkungan perkantoran Bupati Sarolangun, hampir setiap hari kerbau berkeliaran dan kotorannya berceceran ditengah jalan. Ini sangat merusak pemandangan kota Sarolangun,”ujarnya.

Warga meminta peran Satpol PP dioptimalkan lagi karena mereka adalah penegak Perda termasuk perda soal larangan hewan ternak berkaki empat berkeliaran di jalan raya.

“Kondisi ini begitu menggangu dan mengurangi kenyamanan pengguna jalan saat melintas.Hewan ternak juga kerap merusak tanaman hingga pohon tersebut menjadi kerdil bahkan sampai mati,”tambahnya.

Sementara itu pihak Satpol PP Sarolangun mengaku memahami keluhan masyarakat terkait hewan ternak yang berkeliaran. Namun dalam menertibkan ternak pihaknya kekurangan fasilitas tidak memiliki kendaraan semacam mobil bak terbuka.

” Kami juga punya keterbatasan, seperti tidak adanya truk untuk mengangkut hewan, ditambah lagi belum adanya tempat terbuka untuk pemadangan hewan ternak,” keluh anggota Satpol PP yang minta namanya dirahasiakan ini.(*)

Penulis: Udin
Editor: Andi Prima Putra