Explore Category

Berita Daerah


Januari Kasus DBD Di Batanghari 26 Kasus

Senin, 08 Februari 2016 | 16:26:21
| Dibaca: 3105 kali
Penulis: Syahreddy Editor: abdul Jabar

Ilustrasi
Ilustrasi /

Syahreddi,

 

BATANGHARI - Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari menyatakan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Batanghari Belum berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB).

Pasalnya pada bulan Januari 2016 baru ditemukan 26 kasus. Data ini jauh berkurang bila dibandingkan bulan Januari tahun 2015 lalu, yang mencapai 53 kasus.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Penanganan Pencegahan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Batanghari Almi Cab Kemarin. Almi menyebutkan, untuk penetapan status KLB harus ditetapkan oleh kepala daerah.

" Belum menetapkan, Harus ditetapkan oleh bupati, Batanghari belum, Untuk menetapkan kasus DBD menjadi status KLB jumlah kasusnya harus dua kali lipat dari kejadian tahun lalu," Katanya.

Secara keseluruhan, lanjutnya tahun 2015 di Kabupaten Batanghari ditemukan 142 kasus DBD. Kasus paling tinggi terjadi pada bulan januari. Tapi pada bulan berikutnya terjadi pengurangan, sehingga statusnya pada tahun 2015 belum termasuk KLB.

"Itu artinya, angka kasus DBD belum sampai dua kali lipat. Oleh karena itu, kami tidak menaikan statusnya menjadi KLB,"ujarnya.

Ia menambahkan, atas hal tersebut pihaknya terus melakukan langkah-langkah untuk pencegahan ke tengah masyarakat, agar perkembangan kasus DBD tidak terus berkembang du Batanghari.

"Langkah yang kita lakukan adalah Peyuluhan, sosialisasi ke masyarakat melalui puskesmas, telah melaksanakan Abate (larvasida/bubuk pembunuh jentik nyamuk), menyebarluaskan selebaran Bupati terhadap bahaya DBD, pengasapan/fogging bagi daerah yangg mengidap," jelas Almi.(*)

Penulis: Syahreddy
Editor: abdul Jabar