Explore Category

Berita Daerah


Listrik Sering Padam Saat Magrib, Warga Curiga

Sabtu, 06 Februari 2016 | 18:46:25
| Dibaca: 5477 kali
Penulis: Adami Editor: Abdul Jabar

Kantor PLN Ranting Bangko jalan kesehatan, Kelurahan Pematang Kandis - Bangko/ist
Kantor PLN Ranting Bangko jalan kesehatan, Kelurahan Pematang Kandis - Bangko/ist /

Adami,

MERANGIN-Pemadaman listrik yang kerap terjadi di Kabuten Merangin membuat Perusahaan Listrik Negara (PLN) Ranting Bangko banjir kritikan dari pelanggan. Anehnya di beberapa kecamatan pemadaman listrik terjadi saat umat muslim akan melaksanakan ibadah sholat magrib.

Hamdi (45), warga kecamatan Batang Masumai mengaku kecewa dengan PLN Ranting Bangko. Bahkan Ia curiga, kenapa saat hampir waktu adzan magrib listrik tiba tiba mati.

‘’Bukan sekali dua kali, tapi sering. Setiap mau sholat magrib lampu mati. Sebenarnya ada apa, apa tidak bisa menunda sekitar setengah jam saja, nunggu sudah sholat magrib,” katanya.

Ia melanjutkan, bila alasan gangguan jaringan, untuk ke Batang Masumai hampir tidak ada masalah. Pasalnya warga sudah rela menebang pohon yang dianggap menggangu jaringan listrik.

Senada dengan Hamdi,  Muhamad, warga Renah Pembarap juga kecewa dengan pihak PLN Ranting Bangko. Karena setiap mau masuk waktu magrib listrik sering padam. ‘’Sekitar jam setengah tujuh (18:30 WIB) itu sering nian lampu mati. Kayak dak ado waktu lain bae,” Ujarnya.

Sementara itu, Direktur PLN Ranting Bangko Wahyu, membantah bila ada unsur kesengajaan dari pihak PLN mematikan listrik saat waktu magrib tiba. Ia mengatakan hal itu disebabkan oleh gangguan jaringan yang kerap terjadi di wilayah Sungai Manau, Muara Siau dan Batang Masumai.

Wahyu mengatakan, saat tiba waktu magrib angin cukup kecang di tiga wilayah tersebut. sehingga pohon pohon dekat jaringan menyentuh kabel listrik. ‘’Itulah penyebabnya, bukan disengaja. Kalau pas sore, akan masuk waktu magrib angina kencang sehinga dengan otomatis akan menggangu TM (Tegangan Menengah) makanya listrik mati,” jelasnya.

Sulitnya lagi, kata Wahyu, untuk ke tiga wilayah tersebut masih satu jaringan. Sehingga bila terjadi gangguan di Muara Siau, otomatis listik di Batang Masumai dan Sungai Manau akan padam.(*)

Penulis: Adami
Editor: Abdul Jabar